YAKIN, BISNIS TANPA IKLAN BERHASIL?

Apakah anda sebagai seorang pengusaha yakin, jika bisnis anda akan sukses besarĀ  dan dikenal orang banyak, yang dengan itu bisa membuat anda berhasil dalam berbisnis??.....
Dalam sebuah usaha pasti membutuhkan jasa pengiklanan untuk memasarkan barang atau pun jasa yang telah diproduksinya. Jika anda merasa bisnis anda bisa berhasil tanpa iklan, pasti orang-orang yang mendengarnya tidak akan percaya. Meskipun proses iklannya tidak menggunakan media yang besar, setidaknya percakapan orang dari mulut kemulut yang akan membawa iklan produksi anda. Anda mungkin tidak akan sadar akan hal itu, karena cara tersebut tidak mengeluarkan biaya, hanya saja mereka sudah membuktikannya terlebih dahulu. Dari pembuktian itulah, mereka merasa puas dan mereka pun baru menyebarkaluaskan tentang produk tersebut.
Seorang pengusaha harus pandai-pandai mencari peluang untuk mengiklankan hasil produksinya agar dikenal banyak orang sehingga banyak pula peminat yang akan muncul dari orang-orang tersebut. Orang yang sudah mengenal produknya tersebut pasti akan penasaran dan mencoba untuk membelinya. Jika orang tersebut merasa puas dengan apa yang di dapatkannya, mereka pasti akan menyebarluaskan sendiri produk yang sudah di belinya tersebut.
Untuk para pembisnis kecil atau skala rumahan, tidak usah khawatir jika harus mengeluarkan budget besar hanya untuk membayar produksi iklan. Karena di jaman sekarang ini sudah banyak yang menggunakan gedget, dan di gadget sendiri sudah tersedia berbagai aplikasi yang digunakan untuk melakukan jual beli secara online. Tanpa aplikasi jual beli pun juga bisa, melalui aplikasi yang berkaitan dengan sosial media.
Berbeda lagi pertimbangannya apabila suatu usaha sudah berskala besar, seperti perindustrian yang bercabang-cabang dan meluas di beberapa daerah. Pengusaha yang memiliki usaha berskala besar ini tentunya akan memilih memasang iklan untuk hasil produksinya secara besar-besaran pula, namun dengan mempertimbangkan beberapa syarat yang sudah mereka sepakati tentunya. Meskipun hasil produksi mereka sudah berkembang pesat, namun mereka terus memasarkannya dengan berbagai cara, salah satunya dengan memasang iklan dalam berbagai bentuk , baik dari media cetak, media elektronik, atau yang lain.
Mereka yang memiliki bisnis skala besar salalu berlomba-lomba dalam memasarkan produknya, tujuannya agar mereka tidak tersaingi dengan produk-produk yang lain, apalagi produk yang baru saja di munculkan di pasaran. Sesama pembisnis pasti ada pesainganya, satu dengan yang lainnya. Hanya saja bagaimana mereka menyusun strategi yang bisa membuat bisnisnya lebih maju dari saingannya.